Ads

Aku dan Blog: Berawal Dari Hobi Menulis Hingga Aktif Nge-Blog Sampai Sekarang

Dalam rangka Hari Blogger Nasional, aku mau sharing tentang perjalananku selama menjadi blogger. Awalnya aku suka menulis baik tentang kegiatan sehari-hari, infographic, bahkan menulis cerita pendek. Dan aku coba menulis di blog sekitar pada tahun 2016, pertama aku mengisi laman blog dari kegiatan ku seperti perjalanan travelling, mengikuti seminar, aktif kegiatan volunteer. Kebiasaan menulis tersebut akhirnya membuat aku tetap aktif di blog. Kebetulan ini blog kedua aku, untuk blog kegiatan perjalanan bisa kunjungi di www.catatansijunet.blogspot.com

design by canva


Aku suka menulis karena dengan menulis kita bisa melatih diri untuk disiplin. Menulis juga membutuhkan kesabaran serta ketelitian agar dapat menjadi susunan paragraf yang baik dan benar. Selain itu, menulis pun dapat menjadi sebuah media untuk berkomunikasi pada khalayak seperti pengguna media sosial atau orang-orang yang aktif di dunia maya. Untuk aku sendiri menulis memiliki peran penting yaitu dapat menjadi sumber refleksi diri dengan catatan-catatan yang pernah ku tulis, memiliki manfaat untuk penyembuhan diri (self-healing). Ketika menghadapi sesuatu yang membuat diri tidak nyaman, menulis adalah caraku untuk memperbaiki kondisi tersebut agar lebih baik dari sebelumnya. Jadi, menulis tidak hanya untuk menyalurkan hobi saja, namun dapat bermanfaat untuk hal lainnya.

design by canva

Menulis bisa dilakukan dari apa saja seperti kegiatan sehari-hari, perjalanan, peristiwa yang saat ini terjadi, atau membuat cerita novel. Aku suka melakukan perjalanan dan setelah itu menulisnya di blog aku. Banyak sekali kegiatan yang hasilnya menjadi jurnal di blog, tulisan tersebut menjadi kenangan yang bisa aku lihat kemudian hari.

design by canva

Untuk mengisi waktu luang, aku suka menulis cerita pendek. Ada beberapa judul yang sudah ku tulis di blog dan akhirnya aku terbitkan secara mandiri. Dari beberapa cerita ada yang ingin dijadikan sebuah novel, semoga saja bisa terselesaikan.

design by canva


Dengan berkembangnya trend kecantikan saat ini, aku juga suka membagikan pengalaman di bidang kecantikan atau trend beauty. Tidak hanya sebagai blogger, aku juga suka mereview produk kecantikan yang dibagikan ke platform sosial media salah satunya blog. Jadi aku punya dua blog, dan sekarang aku fokus di beauty. Mungkin setelah pandemi berakhir aku akan lebih banyak share perjalanan lagi.

design by canva

Tulisan merupakan suatu cara komunikasi verbal yang dapat dilakukan melalui media apa saja. Dengan menulis juga dapat menambah wawasan serta melatih tulisan EYD. Nah, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, semoga di Hari Blogger Nasional ini semakin banyak penggiat literasi khususnya dunia penulisan yang dapat menginspirasi anak muda lainnya untuk lebih giat menulis ataupun membaca karya tulisan.

0 Comments